Subscribe Us

 

 

Pengurus LAN Lima Puluh Kota bersama Bapak Iswandi S.Pd kepala SMAN 1 Mungka menuju lapangan sekolah untuk melaksanakan Upacara Bendera pada Senin, 5 September 2022
Bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua LAN Limapuluh Kota bapak Bahagia Rasyad, S. Sos., M. Si. Dt. Rajo Nan Sati

 

LAN Limapuluh Kota memberi Penyuluhan di SMKN 1 Guguak pada Senin, 22 Agustus 2022






Tema Hari Ibu 22 Desember 2020 dan Link Download Panduan serta Logo PHI ke-92


Sebagaimana dilansir tribunnews.com pada Minggu, 20 Desember 2020 16:06 Wib. menyebutkan bahwa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah merilis tema dan logo Peringatan Hari Ibu 2020.

Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember. Tahun ini, Hari Ibu Nasional jatuh pada Selasa, 22 Desember 2020. Adapun tema Peringatan Hari Ibu 2020 yakni:
Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

Kemen PPPA juga telah menetapkan empat sub-tema PHI ke-92 sebagai pendukung tema utama. Selain itu, Kemen PPPA juga telah merilis logo resmi Peringatan Hari Ibu 2020 yang bisa didownload di akhir tulisan ini.

  1. Subtema 1: Perjuangan Perempuan Masa Kemerdekaan: "Perempuan Pejuang - Perjuanganku Bagian Sejarah Perjuangan Bangsaku". Tujuan dari subtema 1 ini yakni mengenang perjuangan kaum perempuan bersama kaum laki-laki dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia. Memberikan pemahaman pada generasi muda (milenial) tentang keberanian dan pengorbanan kaum perempuan di masa pergerakan kemedekaan Indonesia.
  2. Subtema 2: Perjuangan Perempuan Masa Kini: “Perempuan - Inspirasiku untuk Kemajuan Bangsaku”. Tujuan subtema 2 ini meliputi memaknai perjuangan perempuan masa kini untuk Indonesia maju dilihat dari 12 critical areas Beijing Plat Form for Action (BPFA). Memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai perjuangan perempuan untuk kemajuan Indonesia masa kini. Mengangkat keberhasilan perempuan Indonesia untuk mencapai kesetaraan.
  3. Subtema 3: Perjuangan Perempuan di Era Tatanan Baru (New Normal): "Perempuan - Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal". Adapun tujuan dari subtema 3 ini yakni untuk mengangkat perjuangan perempuan sebagai inspirator dalam keluarga dan masyarakat pada era tatanan baru.
  4. Subtema 4: Kemitraan Perempuan dan Laki-laki untuk 5 Prioritas Kemen PPPA: "Perempuan dan Laki-laki - Bersama dan Berbagi untuk Negeri". Tujuan dari subtema 4 yakni untuk mempercepat pencapaian agenda prioritas Kemen PPPA melalui kemitraan perempuan dan laki-laki.

Acara Puncak PHI ke 92. Perayaan Hari Ibu sepenuhnya telah dijelaskan di buku Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Ibu ke-92 tahun 2020 yang dirilis Kemen PPPA. Acara puncak diselenggarakan pada 22 Desember 2020, secara daring, dengan mengusung konsep acara adalah:

  • Mengembalikan pemaknaan PHI sebagai peringatan semangat perempuan yang luar biasa untuk ambil bagian (berperan) dalam menentang penjajah, khususnya dalam memperjuangkan nasib perempuan saat itu dengan mengangkat beberapa isu kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam pendidikan, kesehatan, dan berpendapat di publik.
  • Memaknai kembali semangat perempuan dalam mengambil peran mengisi pembangunan dan dalam melakukan aksi kolektif (aksi solidaritas) untuk merespons pandemi Covid-19.

Memberikan ruang berbagi pada perempuan inisiator yang telah melakukan gerakan/aksi solidaritas pada masa pandemic Covid-19.

Rangkaian acara yang akan mengisi Acara Puncak PHI ke-92 adalah:

  1. Sambutan Ibu Negara RI
  2. Sambutan Ibu Menteri PPPA
  3. Tayangan Video Perjuangan Perempuan & Pahlawan Perempuan
  4. Pembacaan Puisi
  5. Penghargaan pada 34 Perempuan Inisiator
  6. Persembahan tarian dan lagu nasional
  7. Testimoni Perempuan Inspiratif
  8. Tayangan Video Profile Inspirasi bagi Perempuan Milenial
  9. Virtual Fashion Show
Logo Peringatan Hari Ibu 2020

Adapun logo PHI 2020 yakni warna dasar Merah dan Putih sebagai penggambaran Semangat Nasionalisme Perempuan Berdaya untuk Indonesia Maju. Filosofi logo Peringatan Hari Ibu 2020 adalah:

Bentuk bunga representasi dari cara berpikir perempuan berdaya.
  • Cerdas intelektual (ilmu), cerdas emosional (ikhlas/ tabah), dan cerdas spiritual (iman).
  • Menebarkan pemikiran positif seperti bunga yang menebarkan aroma harum.
  • Karakter perempuan, seperti bunga yang menjadi simbolik kelembutan dan keindahan.
Bentuk siluet dan wajah perempuan representasi sikap dan tindakan perempuan berdaya.
  • Tegas, namun lembut penuh cinta.
  • Menatap ke depan penuh percaya diri.
  • Tangguh, mampu menjalankan peran dalam berbagai aspek kehidupan secara seimbang dalam kesetaraan.
Link download panduan dan logo peringatan Hari Ibu 2020



Lanjutkan membaca:

Sejarah dan Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember





Posting Komentar

0 Komentar

.